Selamat Datang di Portal Pendidikan
SETIAP hari kita berinteraksi dengan orang lain dengan beragam latar belakang, pemikiran, dan karakternya. Setiap hari pula kita merasakan asem manisnya suatu pergaulan atau komunikasi, karena banyak hal yang membedakan kita dengan orang lain. Oleh karena itu, ada satu hal yang seharusnya perlu kita jaga, yaitu "menghargai orang lain". Bagaimana seninya agar kita bisa menghargai orang lain seperti kita menghargai diri sendiri?
Tentu akan banyak ragam jawaban, sesuai dengan pendapat dan pengetahuan kita. Namun, setidaknya, uraian singkat ini bisa menjadi bahan pertimbangan.
1. Jangan suka memaksakan kehendak. Siapapun tidak ingin diberi paksaan, karena pada hakikatnya, manusia membutuhkan kebebasan (yang bertanggung jawab). Jadi, jangan terbiasa memaksakan kehendak kepada orang lain.
2. Pahami latar belakang pemikiran orang lain. Ketika kita memahami latar belakangnya maka kita tidak terpancing untuk buru-buru menilai, menyalahkan, dan menghukum orang lain yang berbeda pemikiran dengan kita. Dari sini kita bisa belajar menghargai orang lain dari pemikiran-pemikirannya, meski tidak tertutup kemungkinan banyak perbedaan di dalamnya.
3. Kikis kesombongan. Kita tidak akan bisa menghargai orang lain jika ada kesombongan di dalam hati. Orang yang sombong hanya minta dipuja-puji, tapi tidak akan mau "menganggap" kehadiran orang lain sebagai suatu hal yang penting.
4. Jangan sok sibuk. Kesibukan memang menjadi bukti bahwa kita ada "kerjaan". Namun, jika sebenarnya kita tidak sibuk, namun mencoba menyibukkan diri, padahal banyak hal yang tak penting...itu berarti kita sebenarnya hanya ingin membangun citra yang "semu". Jika kita terjebak dalam situasi seperti ini, selamanya kita tidak akan bisa menghargai orang lain. Kita bahkan hanya ingin selalu dianggap sibuk oleh orang lain dan harus diakui bahwa kita sibuk, padahal apa yang kita lakukan "nggak penting-penting amat".
5. Miliki kerendahan hati. Ini adalah sifat yang luar biasa, yang bisa membuat hidup kita selalu memberi makna kepada orang lain. Kerendahan hati tidak sekadar kita membebaskan diri dari kesombongan, tapi lebih dari itu, kita bisa memiliki rasa tahu diri, kita bisa bercermin seberapa pentingkah kehadiran kita di tengah-tengah lingkungan kerja, keluarga, dan lingkungan kehidupan yang lebih luas.
KELIMA hal di atas semoga bisa menginspirasi Anda untuk selalu menghargai orang lain, suatu tindakan yang kadang sulit kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita. Semoga Anda bisa mengembangkannya menjadi seni menghargai orang lain ala Anda sendiri. Semoga indahlah hari-hari Anda! Sala
Share this post :

PAPAN PENGUMUMAN

Statistik Blog

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SUARA PRIMA - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger