Selamat Datang di Portal Pendidikan

SEJARAH BERDIRINYA MTs. AL-HIKMAH KAJEN MARGOYOSO PATI


MTs.  Al-Hikmah pada hakekatnya adalah realita suatu perkembangan suatu lembaga pendidikan yang telah lama lahir jauh sebelumnya, yaitu Majlis Ta’lim Al Hikmah,yang lahir pada tahun 1979 sebagai jam’iyah pengajian yang diasuh oleh:KH. Moh.Ma’mun Muzayyin,yang diikuti para santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di desa Kajen dan para simpatisan dari masyarakat Kajen dan sekitarnya.
    Pada tahun 1989 setelah melihat kenyataan bahwa latar belakang para santri yang datang beragam dan banyak diantaranya kurang atau bahkan tidak bisa sama sekali mengikuti pelajaran sistem pesantren yang mutlak memerlukan ketrampilan membaca dan menulis dengan benar.Maka didirikan Madrasah Keagamaan yang berkurikulum diarahkan pada Aqidah dan Syare’at Islam dengan mengutamakan pengalaman dan penelaahan Kitab-kitab Kuning (Klasik) serta kebahasa Arab.
MTs. Al- Hikmah adalah salah satu  jenjang  dari beberapa jenjang pendidikan  dibawah naungan Yayasan Al-Hikmah. Hakikat lahirnya  MTs. Al-Hikmah adalah sebagai hasil kreatifitas berfikir secara cerdas KH. Moh. Ma’mun Muzayyin setelah melihat  realitas santri yang datang dari berbagai daerah dengan stratifikasi pendidikan yang berbeda.
Karena itu MTs. Al-Hikmah  adalah sebagai pengembangan dari sistem pengajian sorogan  Pondok Pesantren Al-Hikmah  yang lahir pada tahun 1979.
Sedangkan MTs. Al-Hikmah yang lahir pada tahun 1993 dan berada di tengah-tengah Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati
Adapaun Stuktur Kepengurusan MTs. Al-Hikmah Pertama Kali Yaitu :


Kepala MTs.Al-Hikmah                 : Drs. Nur Kharis
Waka Kurikulum                            : Mohammad Noor
Waka Sarana Prasarana                 : Saifuddin Zuhri MZ.
Waka Humas                                 : Abdullah Faqih
Waka Kesiswaan                           : Syamu’in Wage
Bendahara                                     : H. Niam Tamziz
Tata Usaha                                    : Abdul Haris
                                                        Mustain Wahid
Dewan Guru                                 :
1.      Drs. Nur Haris                        : Cebolek Margoyoso Pati
2.      Abdul Haris                            :  Cebolek Margoyoso Pati
3.      Mustain Wahid                        :  Bulumanis Lor Margoyoso Pati
4.      Muhammad Noor                   :  Cebolek Margoyoso Pati
5.      Humaidi                                  :  Gembong  (Mukim di PERMATA)
6.      Aniq                                       :  Keboromo Tayu Pati ( Mukim di PERMATA )
7.      Muhammad Muhtar                :  Keboromo Tayu Pati ( Mukim di PERMATA)
8.      Syamu;in Wage                       :  Kajen Margoyoso Pati
9.      Saifuddin Zuhri MZ                 :  Kajen Margoyoso Pati
10.  Sarimin                                   :  Winong Pati
11.  Drs. Zainal Arifin                     : Tegalombo Trangkil Pati
12.  Drs. Abdul Hamid                   : Margomulyo Tayu Pati
13.  Abdullah Faqih                        : Kayen Pati ( Mukim di PERMATA)
14.  Dra. Muslihah                          : Cebolek Margoyoso Pati
15.  Dra. Sri Hartati                        : Sekarjalak Margoyoso Pati
                 
1.          PERIODISASI KEPEMIMPINAN MTs. AL-HIKMAH KAJEN DENGAN SEGALA UPAYANYA.
1.      Pereode pertama 1993 – 2001  Drs. Nur Kharis ( Kepala Madarash Pertama )
Dengan berbekal Surat Izin Membuka Penyelenggaraan pendidikan Dari Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah No. Wk/5.c/PP.005/2867/1993 tanggal 18 Agustus 1993  maka  MTs. Al-Hikmah memulai  prosess belajar dan mengajar dengan kondisi sarana prasarana sangat sederhana dengan meminjam salah satu ruang Milik Pondok Pesantren dengan memiliki siswa-siswi sebanyak :
         a. Kelas I MTs Putra   : 30
         b. Kelas I MTs Putri    : 35
Kondisi ini berubah setelah Satu tahun berikutnya  yaitu tahun 1994 dengan dibangunnya  konstruksi bangunan bertingkat II dan dalam keadaan darurat lantai dasar gedung ini langsung di tempati  untuk proses  KBM.  Tahun-tahun berikutnya  MTs. Al-Hikmah berangsur-angsur mengalami kemajuan, baik dalam segi kwalitas  maupun kwantitas siswa. 
Maka  pada tahun 1997 MTs. Al-Hikmah dari statusnya sebagai MTs. Terdaftar mengajuan akriditasi untuk meningkatkan statusnya dari TERDAFTAR menjadi madrasah yang DIAKUI, kemudian pada  tanggal  6 Juni 1997  statusnya  menjadi Madrasah  DIAKUI lewat akreditasi .

2.      Periode ke dua  2001- 2007 Wiyono ( Kepala MTs. Ke dua )
Melanjutkan usaha kepala madrasah sebelumnya, mulai mengadakan peningkatan-peningkatan dalam proses KBM hal ini membuahkan hasil yaitu dalam beberapa kelulusan dalam menempuh Ujian Negara MTs. Al-Hikmah Kajen mencapai angka kelulusan dari 98% - 100%. Kemudian  pada tanggal 18 April  2006 melalui Akriditasi mendapatkan status sebagai Madrasah TERAKREDITASI ‘’ B ‘’. Dari Status sebelumnya  sebagai Madrasah berstatus DIAKUI. Dalam pembangunan fisik melalui pengajuan proposal melalui  Departemen Agama Kab. Pati mendapatkan bantuan dari Dana Imbal Swadaya  yang kemudian dipergunakan untuk penyempurnaan gedung MTs.

2.            Periode ke tiga 2007- 2008 Mukhtar,S.Ag. (Kepala MTs. Ke Tiga )
Pada pereode ini Madrasah dihadapkan dengan perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran di tiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban mengajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum di Madrasah Tsanawiyah  Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas komponen mata pelajaran, muatan lokal dan komponen pengembangan diri.

4.         Periode ke empat  2008 s/d 2013 Teguh Panatagama ( Kepala MTs. Ke Empat)
Pada pereode ini adalah masa pereode penataan guru, Kualitas sistem pendidikan secara keseluruhan berkaitan dengan kualitas guru. Hal ini dikarenakan guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan, khususnya dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan formal.
Guru sebagai sebuah profesi yang sangat strategis dalam pembentukan dan pemberdayaan anak-anak penerus bangsa, memiliki fungsi yang semakin signifikan di masa yang akan datang. Oleh karenanya, pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru sebagai tenaga pendidik, merupakan sebuah keharusan yang memerlukan penanganan yang lebih serius. Untuk itu pemerintah secara resmi telah mencanangkan bahwa profesi guru disejajarkan dengan profesi lainya sebagai tenaga profesional. Sebagai tenaga profesional, guru diharapkan dapat melahirkan anak bangsa yang cerdas, kritis, inovatif, demokratis dan berakhlak, serta menjadi teladan bagi terbentuknya kualitas sumber daya manusia yang kuat.

Demikian sekilas Sejarah Berdirinya MTs. Al-Hikmah Insya Allah akan berlanjut ke pereode-pereode berikutnya.

Share this post :

PAPAN PENGUMUMAN

Statistik Blog

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SUARA PRIMA - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger