Selamat Datang di Portal Pendidikan

Harga BBM Naik, Daerah Tangkapan Ikan Semakin Jauh

Apakabarpati, 16 Maret 2012 -  Kendala yang dihadapi nelayan di Kabupaten Pati, semakin bertambah.  Selain rencana Pemerintah yang akan menaikkan harga BBM bulan april mendatang, nelayan juga harus bersiap menghadapi permasalahan lain, salah satunya kecenderungan semakin jauhnya daerah penangkapan ikan.

Saat membacakan sambutan tertulis  Pj Bupati Pati Indra Surya pada Peresmian Koperasi Tani Nelayan Mandiri & Sekretariat KTNA Pati, Kamis siang, 15 Maret 2012, Asisten Pembangunan, Ekonomi dan Kesra Setda Pati, Ir Purwadi MM mengatakan, nelayan sekarang juga menghadapi  kerusakan ikan hasil tangkapan yang masih tinggi. Sekitar 20 – 30%.

“Perebutan wilayah penangkapan dan kesenjangan penggunaan teknologi, serta pelanggaran jalur penangkapan dan pelanggaran penggunaan alat tangkap  masih terjadi,” katanya.

Sementara untuk mengatasi permasalahan itu, Pemerintah Kabupaten Pati mengupayakan  penerapan penggunaan teknologi penangkapan ikan yang semakin efisien, efektif dan ramah lingkungan.  Upaya lain, memberikan kemudahan akses permodalan dan sarana prasarana serta pengurusan ijin dan penyederhanaan dokumen kepada nelayan.

“Sampai saat ini, nelayan di Kabupaten Pati terdiri dari 2.521 juragan, dan 3.676 pendega yang tergabung dalam HNSI, KTNA, KUD Mina, Kelompok atau Paguyuban Nelayan, dan Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan (Pokmaswas),” jelasnya.

Menyinggung kuantitas kapal perikanan tangkap, Asisten Pembangunan, Ekonomi,  dan Kesra Setda Pati, Ir Purwadi MM mengatakan,  di wilayah Kabupaten Pati terdapat 125 kapal motor berukuran lebih dari 30 GT, 325 kapal motor berukuran antara 10 sampai 30 GT, dan 2.178 kapal motor berukuran kurang dari 10 GT dan kapal motor tempel.

Saat melakukan penangkapan ikan, mereka menggunakan alat tangkap jenis, purse seine, pancing/rawai, gill net, cantrang, dan bubu.(Red)
Share this post :

PAPAN PENGUMUMAN

Statistik Blog

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SUARA PRIMA - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger